Kamis, 05 Mei 2011

UNIVERSITAS DR. SOETOMO (UNITOMO SURABAYA)

Universitas Dr. Soetomo — atau biasa disebut Unitomo — merupakan kampus di bawah naungan Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU). Berdiri 30 Juli 1981 hingga sekarang Unitomo telah menghasilkan hampir 30 ribu lulusan D3, S1 dan pascasarjana (S2) berbagai disiplin yang sebagian besar kini bekerja di berbagai sektor, baik pemerintah maupun swasta (wiraswasta).
Selama hampir 27 tahun berkiprah dalam upaya pencerdasan kehidupan bangsa, Unitomo selalu memegang teguh komitmen untuk terus memperluas kesempatan bagi semua golongan dan lapisan masyarakat agar bisa menempuh pendidikan, sehingga mendapat predikat Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan. Komitmen ini antara lain diwujudkan melalui penetapan kebijakan biaya kuliah yang selalu diupayakan seterjangkau mungkin, meski kualitas pendidikan yang diselenggarakan Unitomo — sebagaimana terlihat dari prestasinya selama ini — sebenarnya sama sekali tidak kalah dibanding kampus-kampus lain di Jawa Timur.
Upaya pemenuhan komitmen sebagai Kampus Kebangsaan dan Kerakyatan ini dilakukan Unitomo dengan menggandeng pihak-pihak yang juga menaruh perhatian terhadap upaya perluasan kesempatan pendidikan — baik dari kalangan pemerintah maupun swasta. Melalui sejumlah program kerjasama, bantuan, hibah dan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan pihak-pihak inilah sehingga Unitomo bisa terus menyelenggarakan pendidikan dengan kualitas memadai tanpa membebani biaya terlalu tinggi pada mahasiswa. Selama tahun 2007 saja, beberapa dukungan ini bisa disebutkan antara lain:
  1. Ditunjuknya FKIP Unitomo sebagai LPTK mitra dalam program sertifikasi guru se Jawa Timur oleh Ditjen Dikti Depdiknas (2007).
  2. Diberikannya dana hibah kompetisi Micro Teaching oleh Ditjen Dikti Depdiknas untuk Unitomo guna melakukan perbaikan sejumlah fasilitas pengajaran (2007).
  3. Diberikannya dana hibah kompetisi PHK TIK – K3 oleh Ditjen Dikti Depdiknas untuk Unitomo guna mengembangkan insfrastruktur teknologi informasi dan komunikasi penunjang pendidikan (2007).
  4. Dijalinnya kerjasama Unitomo dengan PT Bank BRI dalam hal pengembangan sistem payroll, pembayaran biaya kuliah secara online, penerimaan mahasiswa baru serta pemberian bantuan biaya kuliah untuk mahasiswa Unitomo (2007).
  5. Dijalinnya kerjasama Unitomo dengan PT Telkom, Tbk. dalam hal pengembangan layanan internet bagi civitas akademika melalui penerapan teknologi hotspot dan sistem informasi mobile melalui teknologi SMS Gateway (2007).
Saat ini Unitomo memiliki sekitar 200 tenaga dosen tetap yang sebagian besar bergelar master / magister (S2) dan beberapa doktor (S3). Selain itu juga ada hampir 150 tenaga administratif (non dosen) yang melayani dan membina sekitar 6 ribu mahasiswa yang saat ini terdaftar sebagai mahasiswa Unitomo, baik untuk kelas pagi (07.00 – 15.00 wib.) maupun kelas sore (17.30 – 22.00 wib.)
Kunjungi www.unitomo.ac.id   

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Widyaswara | Address : Jl. Kalidami viii/25 Surabaya - Telp.(031) 5926865, 081322430013 | Blogger Templates